Linux Menjadi System Pilihan Masa Depan

Pertumbuhan sistem operasi Linux memberikan tingkat kompetisi maupun kolaborasi yang indah dan sempurna bagi pertumbuhan sistem operasi di dunia serta aplikasi-aplikasi berbasis sumber terbuka (open source). Seperti kita ketahui berbagai vendor aplikasi sudah mulai mengalihkan resource mereka yang semula berbasis sumber tertutup (closed source) atau proprietary system ke dunia open source. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi vendor tersebut karena mereka mempercepat laju pertumbuhan aplikasinya tanpa harus menginvestasikan banyak dana untuk riset dan pengembangan.

Mereka akan masuk ke bisnis dengan model lain yang tetap memberikan keuntungan dan mengalihkan biaya riset mereka ke dalam campaign marketing. Sebut saja mereka yang sudah totally merambah ke dunia open source seperti Lotus Symphony, Eudora, dan masih banyak lagi yang sudah bersiap-siap untuk menikmati indahnya bisnis di dunia open source.

Dan saat ini masyarakat di dunia sudah mulai mengakui bahwa suatu waktu nanti Linux dan sistem berbasis sumber terbuka menjadi salah satu system yang mendominasi di desktop, mobile system, dan platform lainnya. Yang menjadi masalah adalah tinggal tentang kapan waktunya. Namun saat ini juga sudah banyak tumbuh standard platform yang menggeser pola business dan kolaborasi, sebut saja dengan standard document format yang mendorong pesatnya pertumbuhan open computing di dunia.

Google pun sudah memulai dengan membuka Google Docs yang membantu Anda untuk bekerja tanpa harus tergantung kepada proprietary system. Java dan AJAX juga merupakan salah satu model yang perlu mendapat acungan jempol karena dengan platform yang dikembangkan dan disediakan maka seluruh pengembang di dunia mampu mengembangkan sistem yang berbasis cross platform/multi platform, komunikasi yang handal dengan mobile devices, dsb.

Jadi jika Anda ingin lead di masa mendatang, maka persiapan dini dengan pengembangan sumber daya manusia yang mampu bekerja dengan Linux serta aplikasi-aplikasi berbasis sumber terbuka menjadi pilihan penting bagi bisnis Anda.

Comments

Popular Posts