Yeh Ho, Air Terjun Eksotis

Bali yang indah sangat banyak menyembunyikan keindahan yang jarang Anda temui dalam flyer atau brosur perjalanan wisata. Salah satu yang sering menjadi incaran penikmat foto landscape adalah air terjun. Di Tabanan utara, di dekat daerah wisata Jatiluwih tepatnya di Desa Soka Penebel, ada salah satu air terjun yang sangat indah namanya Yeh Ho atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Giri Kusuma.

Yeh Ho
Yeh Ho/Giri Kusuma Waterfall

Air terjun ini dapat ditempuh lebih kurang 45 menit dari pusat kota Tabanan. Daerah ini masih dalam satu kawasan dengan Jatiluwih yang sangat terkenal sebagai world heritage/warisan budaya dunia. Setelah puas menikmati track alam pesawahan di Jatiluwih, Anda bisa menuju lokasi air terjun Giri Kusuma/Yeh Ho di pintu loket kedua setelah Jatiluwih.

Bambu Petung
Jalan masuk yang kecil lebih cocok dilewati oleh sepeda atau sepeda motor. Di pintu masuk tersedia area parkir dan warung untuk sekedar melepas dahaga atau membeli minuman bekal perjalanan turun menuju air terjun. Ya Anda akan menuruni jalan setapak yang dipenuhi rimbunan bambu petung. Agak di tengah ada sebuah air terjun kecil di balik rimbunan semak bambu yang merupakan sumber mata air yang mengalir deras. Air terjun masih ke bawah lagi. Hati-hati di sekitar sini, karena licin dan tempat yang agak sempit.

Giri Kusuma
Sampai di bawah, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang masyarakat setempat lebih mengenal dengan nama Yeh Ho. Airnya yang dingin dan udara yang sejuk, akan membuat Anda merasa segar kembali. Nikmati semilir angin yang sesekali ditingkahi oleh suara burung akan memberikan Anda kesan mendalam terhadap tempat ini. Disini juga ada semacam tempat meditasi yang menurut penduduk setempat digunakan oleh penganut aliran Siwa. Ada baiknya seperti halnya di tempat lain, tetap jaga sopan-santun, dan jaga kebersihan di area ini. Selamat berwisata.

Postingan terkait: