Konfigurasi Earnings Tab

Untuk memaksimalkan tampilan iklan pada blogger, Anda sebaiknya melakukan konfigurasi ringan pada blog dan layout blog Anda. Salah satu hal sederhana adalah memanfaatkan Earnings module. Syarat atau kondisi utama adalah:

  1. Gunakan responsive theme dan pastikan Anda memilih theme untuk desktop dan mobile.
  2. Konfigurasi model tampilan iklan pada post dan widget.


Pada blogger ada 2 tampilan template yang harus Anda pilih. Yaitu tampilan desktop dan tampilan mobile. Perhatikan, bahwa masing-masing output memiliki jumlah pembaca yang berbeda. Dan dengan kemajuan teknologi saat ini, perangkat mobile memegang jumlah terbanyak dibandingkan desktop. Dan potensi klik terhadap iklan yang ditampilkan pun akan lebih menarik pada sisi perangkat mobile.


Pilih Theme untuk desktop dan mobile
Kemudian dilanjutkan dengan sedikit konfigurasi pada tampilan model iklan. Pilih tampilan model iklan yang akan Anda tampilkan di blog dengan mengedit di sisi layout.

Persiapan konfigurasi iklan pada layout





Untuk mengatur tampilan model iklan samping, pada AdSense widget di kanan Anda klik Edit, sedangkan jika Anda ingin mengatur tampilan iklan di blog post, maka pada bagian blogpost klik Edit. Oh ya, jika Anda memanfaatkan earnings, biasanya widget AdSense di sisi kanan langsung disediakan oleh Google.

Konfigurasi pada Post layout
Saya lebih menyukai memilih format responsive karena tadi di awal kita sudah memanfaatkan theme responsive. Efeknya adalah, Anda tidak perlu banyak mikir iklan ukuran berapa yang ditampilkan. Biar Google yang atur. Asik kan? Tapi Anda boleh juga memilih sendiri ukuran iklan yang diinginkan, sah-sah saja. Tapi tampilan akhirnya diperhatikan juga, jangan sampai tampilan iklan dipaksakan, tapi mengakibatkan tampilan blog jadi berantakan, tidak proporsional, yang berakibat pengunjung malas membaca konten Anda.

Kemudian ini perlu diperhatikan Show after every itu dihitung ya, agar iklan yang tampil pada blog Anda hanya 3 saja sesuai aturan google. Pada contoh saya tulis 3, karena saya menampilkan list post hanya 5 pada satu halaman. Dan dengan konfigurasi Show after every saya isi 3, maka artinya saya akan memposisikan iklan sebanyak 2 iklan dan ditambah satu disisi kanan, maka saya memaksimalkan jumlah yang diijinkan oleh google.

Kalau konfigurasi sudah dirasa sesuai, Anda jangan lupa tekan Save.

Lakukan hal yang sama untuk konfigurasi tampilan iklan pada Adsense widget di sisi kanan ya.

Mudah kan? Namanya juga cara yang sederhana, hehehe.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Postingan terkait: