Nyepi dan Zero Polution


Beberapa hari mendatang tepatnya tanggal 7 Maret 2008, umat Hindu terutama di Bali akan merayakan pergantian Tahun Baru Caka (baca:Saka) menuju Caka 1930. Hari raya Nyepi di Bali merupakan sebuah hari raya yang sangat menarik, dimana dalam satu hari secara penuh semua aktivitas di Bali dihentikan total sehingga menjadikan pulau Bali yang sehari-harinya dipadati oleh berbagai aktivitas dan polusi menjadi hening, tenang, damai.

Rangkaian hari raya Nyepi sendiri dimulai sejak beberapa hari dengan rangkaian upacara melasti/melis dimana setiap desa akan menuju pantai terdekat untuk mensucikan kembali pretima atau simbol-simbol Tuhan dalam agama Hindu. Ritual keagamaan ini sangat menarik karena jalur menuju pantai siang dan malam akan sangat ramai dengan arak-arakan pretima yang selanjutnya pretima tersebut akan dikembalikan lagi ke pura adat setempat disertai upacara-upacara lanjutan.

Sehari sebelum perayaan Nyepi disebut dengan hari Pengrupukan. Hari ini seluruh pelosok Bali akan gegap gempita, riuh oleh suara hingar bingar beleganjur gong khas Bali yang mengiringi arak-arakan ogoh-ogoh yaitu patung-patung kertas raksasa dengan berbagai bentuk butakala. Ogoh-ogoh ini selanjutnya akan diarak keliling desa dengan tujuan untuk mengusir roh-roh jahat dengan berbagai bunyi-bunyian, tetabuhan, dan selanjutnya pembakaran ogoh-ogoh di akhir acara atau disebut juga di-pralina sebagai simbol musnahnya roh-roh jahat.

Hari Nyepi dimulai tengah malam dimana semua masyarakat di Bali dihimbau untuk tidak menyalakan api/membuat cahaya, tidak bepergian, tidak menikmati kesenangan/hiburan, dan tidak melakukan aktivitas. Dengan melaksanakan keempat arahan tersebut maka dalam 24 jam pulau Bali menjadi sangat hening dan sunyi. Untuk menjaga keamanan tiap desa akan dijaga oleh pecalang yaitu satgas keamanan khas Bali.

Hari raya Nyepi ini pernah mendapat response positif dari peserta konferensi perubahan iklim (UNCCC) yang beberapa waktu lalu dilaksanakan di Nusa Dua. Nyepi jika bisa dilaksanakan di banyak tempat akan membuat Bumi 'beristirahat' dan memberikan mahluk di dalamnya energi positif. Dalam satu hari Bumi akan dinolkan dari berbagai aktivitas dan imbasnya adalah zero polution.

Jika Anda penasaran dengan suasana Nyepi,kenapa tidak datang ke Bali dan mencoba menikmatinya?

Comments

Popular Posts