December Again

Tak terasa Desember telah tiba disertai hujan. Waktu seolah berjalan dengan cepat, hari-hari berlalu tanpa terasa. Entah kenapa mendadak aku kembali ingin menjalankan suatu usaha, tapi kali ini jauh dari latar belakang pendidikanku yang selama ini berkutat dengan dunia software.

Saat ini terinspirasi oleh sebuah email dari seorang rekan dan tayangan kisi-kisi di salah satu stasiun tv swasta tentang lele, aku jadi sangat tertarik untuk mencoba membudidayakan di area rumah yang terbatas sebagai selingan. Setauku lele ini relatif mudah dipelihara dan tahan hidup di lingkungan yang ekstrem. Selain lele aku juga sangat ingin memelihara nila atau gurami dan juga tanaman.

Aku sangat terinspirasi oleh budidaya di bidang perikanan dan pertanian mungil mengingat ini adalah salah satu bisnis masa depan yang sangat mahal, karena makin lama lahan pertanian semakin sempit dan kebutuhan akan pangan tidak pernah surut.

Mungkin ada rekan-rekan yang bisa memberikan suatu petunjuk untuk memulainya, dengan senang hati dan terima kasih saya sampaikan agar saya bisa mencoba usaha ini.


Postingan terkait: