Visit Indonesia Year 2008


Tahukah Anda bahwa pemerintah Indonesia tengah mencanangkan tahun kunjungan wisata 2008. Pemerintah kita sangat berharap dengan pencanangan tahun wisata 2008 dengan judul lengkap "Visit Indonesia Year 2008-celebrating 100 years of nation's awakening" maka seluruh komponen bangsa bersiap diri untuk menyambut tahun kunjungan wisata.

Banyak hal yang perlu dibenahi untuk mensukseskan tahun kunjungan wisata. Hal penting dalam mensukseskan tahun kunjungan wisata 2008 adalah kesadaran masyarakat itu sendiri untuk membenahi berbagai hal yang terangkum dalam Sapta Pesona terdiri dari Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan.

Sebuah tempat wisata yang sukses tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang bersinergi dengan pemerintah secara terpadu untuk memiliki visi dan misi yang sama dalam menentukan langkah-langkah strategis untuk menciptakan daerah wisata yang berkualitas. Saya seringkali menemukan hal janggal ketika saya berwisata ke daerah-daerah tertentu, misalnya masyarakatnya yang suka menggoda wisatawan, mengeluarkan kata-kata kasar, sampah yang bertebaran, dan lain sebagainya. Kondisi ini sangat memprihatinkan kita.

Hal klasik yang menjadi masalah dalam pengembangan daerah wisata selalu dikaitkan dengan masalah dana. Menurut saya hal seperti ini bukan sebuah masalah penting. Hal terpenting adalah bagaimana peran masyarakat sekitar dan pemerintah daerah dalam mengelola citra wisata. Kita bisa melihat daerah wisata yang murni menjual keaslian lokal seperti misalnya Kampung Naga di Jawa Barat, Ubud di Bali, dsb. Masalah sumber dana lebih tepat dikelola oleh pemerintah daerah bisa dengan jalan sponsorship, menyekolahkan putra lokal ke sekolah pariwisata (dengan kontrak untuk kembali ke daerahnya sebagai pengelola), birokrasi yang bersih dan sehat, dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan perlahan tapi pasti.

Hari ini saya menerima email konfirmasi dari Bapak Taufik Istiqlal (Humas Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI) yang memperkenankan saya untuk memasang logo Visit Indonesian Year 2008 dan sepenggal pesan untuk seluruh masyarakat Indonesia agar terus mencintai negeri ini dan berperan seoptimal mungkin untuk kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia. Terima kasih buat Pak Taufik dan Depbudpar yang telah memberikan ijin resmi untuk memasang logo tersebut di blog saya.

Comments

Popular Posts