Russia Menginstall Linux di Setiap Sekolah


Melansir berita di cnews dan zdnet, kini Russia mulai aktif melakukan implementasi sistem operasi bernama Russian OS ke setiap sekolah di seluruh penjuru negeri.

Disponsori oleh pemerintah, Russia menggunakan sistem operasi Linux sebagai basis pengembangan sistem mereka dengan tujuan untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan ICT di Russia sejak dini.

Sergey Shalmanov, analyst cnews menyatakan bahwa sistem yang digunakan saat ini akan dihentikan karena menyebabkan timbulnya kerugian karena efek dari meluasnya pemakaian produk Microsoft software secara ilegal. Praktek lama yang melakukan installasi sistem operasi dan aplikasi Microsoft sangat merugikan secara ekonomi dan juga secara tidak langsung memaksa pemuda (generasi muda) untuk terikat kepada satu platform dan product dari satu perusahaan; yang artinya memasung kebebasan berpikir dan kemandirian mereka meskipun produk tersebut terkenal dan nyaman digunakan.

Konsep yang dilakukan Russia adalah mengajak masyarakat untuk menghentikan pembajakan dan mengupayakan untuk secara mandiri menggunakan software yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Masyarakat juga diikutsertakan untuk turut aktif dalam pengembangan localization di berbagai distro salah satunya Edubuntu dan OpenSUSE.

Jika kita melihat semangat sebuah negara sebesar Russia untuk secara tegas mengajak bangsanya mengembangkan dan menggunakan Linux serta aktif dalam pengembangan sistem berbasis sumber terbuka lainnya, lalu bagaimana kira-kira pandangan Anda terhadap project tersebut?

Layakkah ini diterapkan juga di Indonesia, bagaimana caranya?

Kira-kira bagaimana cara kita untuk lebih memasyarakatkan Linux dan membuat pemerintah untuk lebih intens dan serius memandang masalah ini?

Komentar Anda?

Comments

Popular Posts