Symphony Lotus, Welcome to Open Source


Masih ingat dengan aplikasi jadul dengan label Symphony dan Lotus?

Kini Symphony dan Lotus melakukan recycle dengan label Symphony Lotus untuk mensejajarkan diri dengan Microsoft Office. Dan Symphony Lotus seperti halnya Eudora, juga akan dirilis dalam platform open source.

Lotus Symphony akan dirilis dalam tiga paket aplikasi antara lain word processing, spreadsheet, dan program presentasi yang dulunya juga sempat dirilis IBM dalam Lotus 8. Lotus Symphony berbasis Eclipse Open Source framework yang mendukung ODF (Open Database Format) sebuah standard document format yang di-derived dari Open Source desktop suite. Hasilnya tentu saja aplikasi ini nantinya akan dapat bekerja dengan MS Office document dan PDF document seperti halnya Open Office saat ini. Dan aplikasi ini nantinya dapat dijalankan baik di OS Windows ataupun Linux dan dijadwalkan untuk bisa berjalan pada MacOS.

Steve Mills, senior vice president IBM Software Group menyatakan bahwa IBM commited untuk membantu perusahaan-perusahaan yang menggunakan Linux melalui open office desktop application. Lotus Symphony dirancang untuk memberikan kemudahan dalam integrasi dengan aplikasi bisnis lainnya. Untuk itu segment yang dibidik adalah end user dan konsumen bisnis.

"Ini bukan masalah desktop dokumen lagi, tapi jauh kepada tentang bagaimana membuat informasi mudah diakses secara universal dan dikerjakan dalam berbagai platform dan web dalam berbagai cara secara flexible", ungkap Mills lebih lanjut.

Jika sudah begini, kira-kira sudah bisa dibayangkan bagaimana nanti model bisnis IT di masa mendatang. Akan menjadi lebih menarik dan penuh tantangan.

Mau melihat model aplikasinya, klik disini:

sumber:

Comments

Popular Posts