Implementasi IT di Dunia Bisnis

Seringkali dalam seminar-seminar disebutkan bahwa implementasi IT adalah suatu investasi dan bukan biaya. Sebenarnya bagaimana kita bisa menentukan bahwa implementasi IT disebut biaya atau investasi.
Ada tips yang cukup mudah untuk menentukan kapan bisa disebut investasi dan kapan disebut biaya.

Bagi pengusaha, tujuan terpenting dalam bisnis adalah meraih laba/keuntungan. Tapi bagaimanakah memaksimalkan potensi data dan informasi dengan implementasi IT agar dapat menjadi sumber peningkatan keuntungan?

Disinilah peran teknologi informasi (IT-Information Technology) yang meliputi kolaborasi perangkat lunak, perangkat keras, proses bisnis, dan sumber daya yang mengelolanya menjadi point penting.
Jika investasi IT ini diadaptasikan dengan metode yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan serta dapat mendatangkan keuntungan yang lebih baik dibandingkan sistem manual, maka inilah disebut keberhasilan investasi IT.

Sebaliknya jika tidak memberikan keuntungan maka dikatakan sebagai biaya. Mudah bukan?

Berikut adalah tips lain untuk memulai implementasi IT di perusahaan :
  1. Tentukan kebutuhan Anda.
  2. Analisa flow bisnis yang terjadi, kurangi proses yang tidak perlu.
  3. Cari program yang Anda harapkan, apakah proses bisnis Anda sudah tercover; jika perlu beli dulu demo-nya.
  4. Jika harus membuat (tailor made) lakukan secara bertahap, dan pilihlah jasa pembuatan program yang memiliki korporasi yang jelas.
  5. Tentukan kebutuhan hardware.
  6. Terakhir, siapkan proses adaptasi bagi SDM Anda,karena program yang bagus tidak akan berguna jika SDM-nya tidak mampu untuk mengoperasikan.
Bagi perusahaan berskala kecil-menengah di Indonesia, bisa mencoba program myBiz yang merupakan salah satu produksi dalam negeri yang memiliki interface yang bagus, cukup lengkap, dan sangat mudah dioperasikan. Jadi sangat tepat digunakan oleh perusahaan yang memiliki proses bisnis generik dan mengutamakan proses transaksi yang sederhana.Program myBiz ini mudah didapat di toko-toko komputer dan sudah dilengkapi pula dengan file tutorial.

Saatnya Anda menimbang kembali apakah selama ini sistem yang Anda pergunakan sudah tepat?

Comments

Popular Posts