Mandriva Linux 2008 is Come



Mandriva salah satu distro Linux kelas dunia tanggal 9 October 2007 kemarin merilis Mandriva Linux 2008 yang didistribusikan melalui situs resmi untuk menggantikan 2007 Spring Edition. Menghabiskan development cycle yang lebih cepat 6 bulan, distribusi anyar besutan Mandriva ini dirilis dengan menggunakan kernel 2.6.22.9 dan diintegrasikan untuk memiliki kemampuan mendeteksi subsystem untuk devices seperti kartu grafis, sound card, dan chip Wi-Fi. Kemampuan auto loading driver seperti driver untuk device PCI dan AGP Card juga sudah disertakan (based on list of compatible devices) sehingga memberikan akurasi dan deteksi hardware yang lebih komprehensive.

Dirilisnya Mandriva Linux 2008 memberikan warna baru bagi kompetisi distro tingkat dunia dan memberikan opsi lebih baik bagi pengguna Linux di berbagai lapisan. Untuk Mandriva Linux 2008, dirilis dalam 3 paket antara lain:
  • Mandriva Linux Powerpack 2008, untuk versi komersil.
  • Mandriva Linux One 2008, yang dirilis bebas harga.
  • Mandriva Linux Free 2008, yang dikembangkan spesifik untuk penggila software freedom dimana didalamnya tidak terkandung non-free software packages seperti proprietary drivers, closes source application, atau plugin.
Dirilis dalam situs resminya,Mandriva dengan cerdas memberikan opsi bagi penggunanya untuk memilih KDE 3.5.7 ataukah GNOME 2.20 untuk interfacenya. Dan bagi Anda yang memiliki kartu grafis yang berkelas maka Anda berkesempatan menjajal Compiz Fuzion 0.5.2 atau Metisse 3-D Desktop.

Disebutkan pula Mandriva Linux 2008 dikembangkan dengan standard teranyar dari Freedesktop.org standards yang mengcover:
  • XDG Standard-based menu system
  • XDG Standard-based personal folder system
  • Initial support for the draft Freedesktop.org icon theme specification
Mandriva Linux 2008 juga telah dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi fungsional seperti OpenOffice.org 2.2.1, Mozilla Firefox 2.0.0.6, Evolution 2.12, Thunderbird 2.0.0.6 dan beberapa aplikasi lainnya. Dan tidak ketinggalan untuk mempermudah Anda dalam menggunakan Linux, Mandriva Linux 2008 juga dilengkapi import Windows document wizard.

Ingin mencoba? Jangan lewatkan untuk mampir ke situs resmi mereka.

Comments

Popular Posts