OLPC Kue Baru Dunia TI

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa OLPC - One Laptop per Childmerupakan sebuah program (kegiatan) penyediaan laptop murah bagi anak-anak khususnya di negara-negara berkembang. Dengan harga yang berkisar antara $100-$200 diharapkan pertumbuhan dan daya serap teknologi informasi menjadi berimbang.

OLPC ini sendiri sudah dilengkapi piranti yang memadai antara lain Wi-fi dan didukung oleh sistem operasi Linux. Produksi OLPC rencananya bulan depan akan diproses di Cina, dan diharapkan sistem operasi pendukung sudah siap sebelum Desember mendatang.

Selain sistem operasi direncanakan nantinya OLPC akan dilengkapi oleh Wi-fi, webcam, mengusung AMD processor, dan Linux sebagai sistem operasinya. Uniknya OLPC nantinya tidak dilengkapi harddisk tapi diganti dengan flash memory sebagai media penyimpan dan USB port untuk extended harddrive/media storage lainnya. Dengan menguras daya 2 watt, piranti ini akan menjadi daya tarik sendiri dibandingkan produk lain yang menguras hingga 40 watt dan diyakini akan menjadi booming. Untuk itu Windows pun mengambil ancang-ancang untuk memasok sistem operasi Windows XP dalam format hitam putih ke dalam OLPC.

Tertarik untuk memberikannya kepada anak tercinta?
Harap sabar menanti.

Comments

Popular Posts