Kolaborasi MontaVista, Arm dan Linux untuk New UMPC Platform


Gabungan dari beberapa perusahaan termasuk didalamnya adalah Mozilla, Arm, dan MontaVista membangun platform yang diperuntukkan bagi device yang akan masuk di antara kelas smartphone dan laptop. Perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan Linux sebagai sistem operasinya, dan mereka berharap platform tersebut akan mempermudah pengembang hardware dan software untuk membangun devices setara N800. Device yang lebih besar dari smartphone dan lebih mungil daripada laptop akan dilengkapi Wi-Fi capabilities.

Texas Instrument,Samsung,Movial,dan Marvel Technologies berharap segera diselesaikannya platform tersebut tahun mendatang dan tahun 2009 device dengan platform tersebut akan memenuhi market UMPC.
Device tersebut mirip Ultramobile PC tapi tidak menggunakan Microsoft programs, terang Jim Ready, CTO dan penggagas MontaVista. Teknologi ini akan memungkinkan lebih efektifnya mobilitas pengguna karena didesain untuk lebih ringan, tidak memerlukan banyak aplikasi, dan aplikasi akan lebih banyak didesain sesuai dengan kemajuan teknologi software cross platform yang bersifat web-based application.

Meskipun Nokia sudah merilis device serupa dengan N800, tapi device yang platformnya dirilis oleh MontaVista ini akan dirilis dalam concept open platform dan dishare dalam open source community. Dalam rilisnya disebutkan platform ini akan menggabungkan Arm's Debian-based Linux distribution, MontaVista OS, desktop application besutan Gnome Mobile, Browser dari Mozilla, Battery saving, multimedia player, dan wireless connectivity yang diyakini akan merupakan kebutuhan mendasar di tahun 2010.

Kondisi ini merupakan jawaban pasti akan masa depan open source system di dunia karena semakin masuk kedalam jalur platform dan bukan sekedar OS saja. Will we be just a user instead of a maker?

Comments

Popular Posts