PCLinux Menggeser Posisi Ubuntu

Sebenarnya pergeseran ini sudah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu, namun rasanya masih belum percaya hingga makin hari berita pergeseran ini menjadi sedemikian ramai dan menarik untuk diperbincangkan. Biasanya Ubuntu selalu nyemplak di ranking 1, namun kali ini pergeseran itu seakan menghentak masyarakat dunia dimana pergeseran tersebut sangat fenomenal.

Posisi saat ini untuk top 5 distro yang dilansir dari distrowatch.com dan beberapa media lain mengurutkan posisi PCLinuxOS, Ubuntu, Open Suse, Fedora, dan Sabayon. Menarik karena selama beberapa dekade Ubuntu sangat berjauhan posisi dengan PCLinuxOS.

Kalau diperhatikan memang banyak hal baru yang menarik perhatian masyarakat dunia untuk memilih PCLinuxOS sebagai yang terbaik saat ini mengingat fitur-fitur PCLinuxOS yang tumbuh teratur dan relatif stabil dibandingkan Ubuntu yang sangat meledak-ledak. Contoh termudah adalah proses installasi VMWare yang cukup banyak mendapat sorotan dari masyarakat dimana pada Ubuntu akan terjadi proses yang sangat berbelit-belit dan sangat jauh berbeda dibandingkan dengan PCLinuxOS.

Terlepas dari penilaian yang dicantumkan pada distrowatch.com menurut saya PCLinuxOS memang menarik untuk digunakan dan dicoba. Ubuntu memang hadir dengan kemasan yang lebih menarik tapi bila Anda menyempatkan diri untuk mencoba PCLinux tentu akan merasakan stabilitas yang lebih nyaman. Menarik juga PCLinuxOS yang merupakan turunan dari Mandriva bahkan disebut-sebut sebagai "a better Mandriva than Mandriva" oleh sebagian kalangan pencinta Linux. Well, saya pribadi tidak akan menilai secara langsung apakah benar PCLinuxOS merupakan yang terbaik, tapi selama ini saya menggunakan KLIXs yang masih kerabat langsung dari PCLinuxOS merasakan kenyamanan yang saya harapkan baik dari sisi proses installasi maupun pemakaian sehari-hari bahkan hanya dengan berbekal sebuah nobie (notebook) yang boleh dibilang sudah tidak muda lagi.

Inilah sisi menarik di dunia Linux dan Open Source, semua bebas memilih, semua bebas merasakan pengalaman tanpa batas. Go Linux, will ya?!

Bagaimana dengan Anda?


Comments

Popular Posts